it`s me

it`s me
real me

Rabu, 16 Maret 2011

SUMBER NILAI ISLAM

Ketika Rasulullah saw mengutus Mu'adz bin Jabal ke Yaman, beliau bertanya kepada Mu'adz, " Dengan pedoman apa anda memutuskan suatu urusan ?".
Jawab Mu'adz : Dengan Kitabullah.
Tanya Rasul : Kalau tidak ada dalam al Qur'an ?
Jawab Mu'adz : DenganSunnah Rasulullah.
Tanya Rasul : Kalau dalam Sunnah juga tidak ada?
Jawab Mu'adz :Saya berijtihad dengan fikiran saya.
Tanya Rasul : Maha Suci Allah yg telah memberikan bimbingan kepada utusan Rasul-NYA, dengan satu sikap yg disetujui Rasul-NYA ( HR. Abu Dawud dan Tarmudzi).
Dari peristiwa ini dapt diambil kesimpulan tentang nilai dan sumber nilai Islam, yaitu al-Qur'an, Sunnah dan ijtihad. Ayat-ayat al-Qur'an yg mendukung bahwa al-Qur'an, as-Sunnah, dan ijtihad merupakan nilai dan sumber nilai seorang Muslim, dapat kita temukan dalam banyak surat.
Kesimpulan lain yang dapat diambil dari peristiwa tsb. diatas ialah bahwa penggunaan tiga sumber nilai itu hendaknya; diprioritaskan yg pertama, kemudian yang kedua dan selanjutnya baru yang ketiga. Konsekwensiny adalah apabila bertentangan satu dengan yg lain, maka hendaknya dipilih al-Qur'an terlebih dahulu, kemudian yg kedua al-Hadits.
Yg perlu dicatat adalah bahwa, sekalipun ketiga-tiganya adalah sumber nilai, akan tetapi antara satu dengan yg lainnya mempunyai tingkat kualitas dan bobot yg berbeda-beda dengan pengaruh hukum yg berbeda-beda pula, namun harus t6etap berpokok pada yg pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar